ini adalah PKM yang berhasil saya tulis, karena tidak mencukupi untuk di posting dalam 1 halaman maka saya menjadikan bagian yang saya pisah, semoga bermanfaat (dilarang copas!)

LATAR BELAKANG MASALAH

Setiap bentuk aktivitas manusia akan memacu terjadinya pembakaran dalam tubuh guna mendapat energi. Salah satu produk ekskresi proses ini adalah keringat. Kita tahu bahwa keringat selalu identik dengan aroma badan yang kurang sedap karena sudah terkontaminasi dengan bakteri. Sebenarnya kondisi ini relatif pada setiap orang namun orang yang memiliki keringat yang kurang sedap atau keringat berlebih akan merasa kurang nyaman dengan masalah ini. Bagi kalangan mahasiswa pada umumnya ini sangat sering terjadi. Mereka berangkat pagi-pagi dan pulang pada malam hari karena sibuk dengan perkuliahan di kampusnya. Sehingga kebanyakan dari mereka yang tidak pulang ke rumah pada siang hari karena sibuknya perkuliahan atau sekedar lelah karena harus bolak balik ke rumanhya yang relatif jauh.

Hal ini mendorong banyak mahasiswa yang menggunakan parfum dan deodorant di pasaran untuk mengatasi bau badannya. Hal ini tentunya sangat berpotensial untuk dijadikan peluang usaha. Suatu tantangan bagi produsen untuk selalu berinovasi untuk selalu menyediakan produk yang berkualitas dan ekonomis untuk di jual di pasaran. Akan tetapi, sampai saat ini deodorant yang terdapat di pasaran masih menggunakan bahan kimia yang dapat membahayakan penggunanya. Hal tersebut tentunya akan menimbulkan pencemaran ke lingkungan, salah satunya pencemaran udara.

Pencemaran udara yang ditimbulkan oleh deodorant semprot dikategorikan sebagai pencemaran dalam ruangan yang tertutup. Menurut Lembaga United States Environment Protection Agency (US EPA) menempatkan polusi udara dalam ruangan tertutup sebagai satu dari lima besar polusi yang berisiko mengancam kesehatan masyarakat modern. Sehingga penggunaan deodorant roll on dapat mengurangi pencemaran udara.

Kemangi, tanaman Ocimum basilicum termasuk kedalam famili Labiatea dan Genus Ocimum. Tanaman ini banyak ditemukan di daerah tropis sampai sub tropis dan diduga berasal dari Afrika, karena variasi genetik yang terdapat di daerah tersebut sangat luas. Kemangi disebut juga lemon basil dikarenakan aroma daun seperti aroma jeruk, karena adanya komponen kimia pada daun kemangi.

Kandungan kimia pada tanaman kemangi, mempunyai komposisi kimia utama minyak selasih yang mengandung citral 43,45% dan geraniol 21 - 23% dan kadar minyak atsiri hasil penyulingan 0,28%, sedangkan kandungan dari citral biasa digunakan untuk penyedap makanan dan minuman (cullinary herb), biasa digunakan pada tipe kandungan citral tinggi. Citral (C10H16O) merupakan aldehid dari geraniol dan bersifat volatil (mudah menguap) berwarna kuning muda dan beraroma lemon. Geranol (C10H18O) tidak berwarna dan beraroma seperti bunga mawar dan banyak digunakan untuk bahan parfum. Oleh karena itu kemangi dengan kandungan geraniol tinggi berpeluang digunakan untuk bahan parfum.

Tawas merupakan alumunium sulfat yang dapat digunakan sebagai penjernih air seperti sedimentasi (water treatment) karena tawas yang dilarutkan dalam air mampu mengikat kotoran-kotoran dan mengendapkan kotoran dalam air sehingga menjadikan air menjadi jernih. Tawas dikenal sebagai koagulan didalam pengolahan air limbah. Sebagai koagulan tawas sangat efektif untuk mengendapkan partikel yang melayang baik dalam bentuk koloid maupun suspensi. Selain digunakan sebagai penjernih air, tawas juga dapat digunakan sebagai zat aditif untuk antiperspirant (deodorant).

Berdasarkan ilustrasi di atas terdapat peluang untuk memberikan solusi inovatif dalam mengatasi permasalahan bau badan, yaitu dengan menggunakan Tangi Roll On yang memiliki keunggulan ramah terhadap lingkungan sehingga dapat melindungi konsumen dari bahan-bahan kimia yang saat ini digunakan dalam mengatasi bau badan.

PERUMUSAN MASALAH

Melihat latar belakang diatas, maka dirumuskan permasalahan antara lain:

  1. Bagaimanakah cara menyediakan deodorant (penghilang bau badan) dari bahan alami yang tidak berbahaya bagi kesehatan?

  2. Bagaimana cara meningkatkan nilai ekonomis dari tawas dan kemangi?

  3. Bagaimana cara mengemas olahan dari tawas dan kemangi menjadi produk yang modern?

TUJUAN

Program ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menyediakan deodorant (penghilang bau badan) dari bahan alami yang tidak berbahaya bagi kesehatan, untuk meningkatkan nilai ekonomis dari tawas dan kemangi dan mengemas olahan dari tawas dan kemangi menjadi produk yang modern.

LUARAN YANG DIHARAPKAN

Adapun luaran yang terkait dengan tujuan awal pelaksanaan program dan diharapkan dapat tercapai setelah melakukan program ini adalah terciptanya suatu produk kesehatan yang berfungsi sebagai penghilang bau badan serta dapat dikomersialkan menjadi bisnis kontinu sehingga menghasilkan usaha yang besar.

KEGUNAAN

Manfaat dari program ini adalah:

    1. Untuk para team, adanya bisnis deodorant ini dapat dijadikan untuk peluang usaha,

    2. Untuk para konsumen, mendapatkan deodorant yang aman bagi kesehatan dan ekonomis,

    3. Tangi roll on merupakan deodorant yang berasal dari tawas dan kemangi yang berfungsi sebagai penghilang bau badan.


date Rabu, 19 Januari 2011

0 komentar to “Tangi Roll On (I)”

Leave a Reply: