Analisis Pasar

Data yang digambarkan

#) Kependudukan / Demografi
Dispenduk Tahun 2007 menyebutkan bahwa jumlah penduduk sampai akhir Tahun 2007 sebesar 2,658,552 jiwa atau mengalami kenaikan jumlah penduduk sekitar 3.9% dari tahun sebelumnya. Secara umum rata-rata kepadatan penduduk Kota Surabaya tahun 2007 adalah 79,68 jiwa/Ha, dan dalam kurun waktu tersebut nampak kecenderungan kepadatan penduduk meningkat. (sumber: Kompilasi Data Review RTRW Kota Surabaya 2007). Berikut ini adalah rencana pengembangan pemasaran Tangi Roll On dalam jangka waktu 2 tahun ke depan.
Rencana Pengembangan Pemasaran

Tahun Ke Pangsa Pasar Presentase Pengguna
1 Surabaya 0,07 %
2 Jawa Timur 0,0005 %
3 Jawa 0,0001 %
4 Jawa, Bali, dan Kalimantan 0,0001 %

Ukuran dan Tren Pasar
Dewasa ini konsumen menginginkan produk kesehatan yang praktis dan sehat yang ramah lingkungan. Sebagai contoh produk Tangi Roll On yang bermanfaat untuk mengatasi bau badan. Produk kesehatan yang praktis dan baik untuk kesehatan inilah yang sangat diminati oleh konsumen. Jumlah penduduk yang besar dan mobilitas yang tinggi akan berkembang budaya hidup praktis dan instan, yang akan membuka peluang pasar tersendiri bagi usaha yang ada. Berdasarkan data yang diperoleh Biro Pusat Statistik, penduduk kota Surabaya yang mencapai 2,6 juta penduduk memiliki potensi yang sangat besar untuk memasarkan produk kesehatan Tangi Roll On . Apalagi didukung dengan kondisi alam kota Surabaya yang panas juga mendukung hal tersebut.

Kesiapan dan Segmentasi Pasar
Konsumen yang dituju oleh produk ini adalah seluruh masyarakat, terutama masyarakat yang peduli terhadap lingkungan dan kesehatan. Kesiapan pasar sudah siap menerima produk yang ditawarkan karena masyarakat pada umumnya telah mengenal produk semacam Tangi Roll On baik dalam segi bentuk maupun fungsi. Produk ini memiliki peluang strategis pada saat musim kemarau di mana produksi keringat yang berlebih akan mengganggu rasa nyaman seseorang sehingga masyarakat yang membutuhkan produk ini. Sebagai produk baru, Tangi Roll-on perlu memikirkan tentang segmentasi pasar agar mempercepat laju penjualan produk ini sendiri. Dalam segmentasi pasar, Tangi Roll-on lebih memilih startegi yang ditujukan kepada pemilihan sasaran tempat pemasaran yakni di areal tempat produksi yaitu Kampus ITS Surabaya.
Segmentasi kedua adalah konsumen pemakai produk ini. Segmentasi kedua ini berfungsi sebagai awal pengenalan produk Tangi Roll On. Penjualan pada orang-orang terdekat memiliki kesempatan yang lebih besar karena adanya network sebelumnya. Selain itu, sebagi promosi awal ditujukan pada segmen konsumen perempuan yang kita tahu psikologi perempuan yang menyukai parfum atau hal-hal yang beraroma harum dan praktis.

date Rabu, 19 Januari 2011

0 komentar to “Tangi Roll On (III)”

Leave a Reply: